TWO
DAYS OUTBOND WITH LOVE
A.
TUJUAN KEGIATAN : Melalui kegiatan outbond diharapakan setiap individu mampu merangkai
kebahagian dengan cinta, memperat rasa silahturahim, memotivasi diri, mampu
menjadi sosok yang memiliki sikap leadership yang tinggi dan peduli antar
sesama.
B. PESERTA :
C. WAKTU/TEMPAT :
D. JADWAL KEGIATAN :
No
|
Waktu
|
Nama Kegiatan
|
Lokasi
|
Perlengkapan
|
Panitia/Fasilitator
|
1
|
06.00-10.00
|
Kumpul dan Keberangkatan peserta outbond
menuju terminal wisata grafika cikole.
|
Depan
kampus, dan jalan sumedang-bandung
|
Bus,
absensi, Toa.
|
|
2
|
10.00-11.00
|
Kedatangan peserta dan
daftar ulang peserta, serta coffee break.
|
terminal
wisata grafika cikole.
|
Toa,
snack dan absensi.
|
|
3
|
11.00-11.30
|
Opening ceremony serah terima peserta
perkenalan tim.
|
terminal
wisata grafika cikole.
|
Naskah
acara upacara, Toa.
|
|
4
|
11.30-12.00
|
Pembagian kelompok,
pemilihan ketua kelompok, dan pembagian tenda.
|
terminal
wisata grafika cikole.
|
.
|
|
5
|
12.00-13.00
|
Istirahat,
shalat, dan makan.
|
terminal
wisata grafika cikole. (tenda, masjid, kamar mandi, dan
lapangan)
|
Makan
siang, mushala, dan kamar mandi.
|
|
6
|
13.00-14.00
|
Ice breaking
Yel-yel
kelompok.
Bernyanyi
dan kosentrasi.
Mencari
pasangan.
Tom
and jerry game.
Hukuman
bagi yang kalah dan reward bagi yang menang.
|
terminal
wisata grafika cikole.
|
Lapangan
luas, toa, hadiah dan hukuman.
|
|
7
|
14.00-16.00
|
Tracking
hutan pinus. Menyusuri sungai, dan bermain game team building.
Pos
1: Log Line
Pos 2: Hulahoop
Pos 3: Folding Carpet
Pos 4 : Toxic
Waste
|
terminal
wisata grafika cikole.
|
Tali,
toa, air, botol, plastic atau terpal, balok kayu.
|
|
8
|
16.00-18.00
|
Coffee
break (snack), shalat, istirahat,menyiapkan makan malam dan api unggun.
|
terminal
wisata grafika cikole.
|
Snack
dan bahan makanan.
|
|
9
|
18.00-19.00
|
Shalat
magrib, Persiapan api unggun, dan shalat isya.
|
terminal
wisata grafika cikole.
|
Korek,
bensin, dan kayu bakar.
|
|
10
|
19.00-22.00
|
acara
hiburan dan api unggun.
-
Menyalakan api unggun.
-
Duduk melingkari api unggun.
-
Bermain game one minute become actor.
-
Bermain game tebak lagu dan sambung
lirik.
-
Sharing time
-
Wish time.
-
Pentas seni (bernyanyi, dan menari
bersama).
|
terminal
wisata grafika cikole.
|
Api
unggun, toa, gitar dan alat pensi yang mendukung, botol,
|
|
11
|
22.00-04.00
|
Istirahat
(tidur)
|
terminal
wisata grafika cikole.
|
Tenda,
selimut dan kebutuhan tidur lainnya.
|
|
12
|
04.00-06.00
|
Bangun,
shalat, mandi, dan siap-siap outbond hari kedua.
|
terminal
wisata grafika cikole.
|
Segala
sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan pribadi peserta.
|
|
13
|
06.00-07.00
|
Sarapan
pagi.
|
terminal
wisata grafika cikole
|
Makanan
untuk sarapan.
|
|
14
|
07.00-08.00
|
Senam
Olahraga pagi
|
terminal
wisata grafika cikole
|
Speaker,
peluit dan toa
|
|
15
|
08.00-11.00
|
Outbond
hari kedua
-
Spider webb dan kuis
-
Jembatan tali dua dan long memory game.
-
Turun tebing dan puzzle.
-
Flying fox dan cari harta karun.
-
Built a tower
-
Balap kelereng
-
Carterpillar Race
-
Finish zone
|
terminal
wisata grafika cikole.
|
Kelereng,
safety set, outbond area,sendok, botol/balok,puzzle.
|
|
16
|
11.00-11.30
|
Coffee break
|
terminal
wisata grafika cikole.
|
snack
|
|
17
|
11.30-12.00
|
Istirahat,
shalat dan makan. Bersih-bersih persiapan pulang.
|
terminal
wisata grafika cikole.
|
makanan
|
|
18
|
12.00-14.00
|
Penutupan
Refleksi
Simulasi (Games) Komitmen tim Kesan & pesan Pengumuman The Best Team
|
terminal
wisata grafika cikole.
|
Toa
dan hadiah
|
|
19
|
14.00-18.00
|
Absen
ulang, dan pulang.
|
terminal
wisata grafika cikole.
|
Bus,
toad an absen
|
Lampiran
Peraturan
permainan,
1.
Log
line
a. Pada awal permainan, kita minta
seluruh anggota kelompok untuk naik ke atas balok dan mereka harus saling membantu agar
tidak terjatuh dari balok atau pun menginjak tanah.
b. Setelah semua naik di atas balok,
kita mulai memberi instruksi dimana mereka harus berdiri berurutan sesuai
instruksi yang kita minta. Misalkan saja, berdasarkan tanggal lahir.
c. Para Peserta harus mengatur barisan
di atas balok tanpa boleh turun ke tanah, dari angka yg paling kecil ke angka
yg paling besar.
d. Fasilitator menentukan mana yg
menjadi bagian depan. Jika berhasil, lanjutkan dengan instruksi berikutnya,
hingga 3 instruksi dapat mereka selesaikan dengan baik.
Larangan
Jika terjatuh pada salah satu tugas, maka dianggap gugur dan
dilanjutkan dengan tugas kedua dan seterusnya.
Variasi
Bisa
saja instruksinya urutan tinggi badan, nomor rumah dll.
2. Hoolahoop
a. Caranya hulahoop diletakkan di
pundak salah satu anggota kelompok.
b. Kemudian dengan didahului aba-aba,
hulahoop tersebut harus berpindah dari satu anggota kelompok ke anggota yang
lain sampai ke anggota keloompok yang terakhir.
c. Anggota kelompok boleh menggerakkan
seluruh badan untuk membuat hulaoop tersebut bergerak.
d. Posisi peserta dapat dibuat
melingkar atau berjajar atau berbaris ke belakang.
Larangan:
Webbing
/ hulahoop tidak boleh dipegang atau digenggam oleh tangan anggota
kelompok.
Variasi
Sebagai variasi, perpindahan hulahoop dapat dibuat satu arah
atau bisa juga bolak-balik.
Jika menggunakan tali/webbing, dapat juga divariasikan
dengan menggunakan 2 hulahoop yang harus berpindah berlawanan arah.
Untuk lebih meriah, permainan ini dapat dimainkan dalam
format kompetisi dengan membentuk 2 atau 3 kelompok jika jumlah pesertanya
mencukupi, dan mereka yang paling cepat yang menang.
3.
Folding
Carpet
a. Pertama, seluruh peserta diminta
naik ke atas karpet.
b. Setelah aba-aba dimulai mereka harus
dapat membalik karpet tersebut.
c. Kelompok harus bekerja sama dalam
menemukan cara dan kemudian membalik karpet tersebut.
Target
Kelompok yang paling cepat membalik karpet dianggap sebagai
pemenang.
Larangan dan Hukuman
Orang-orang yang berada di atas karpet tersebut tidak boleh
turun ataupun menyentuh tanah.
Jika melakukan pelanggaran tersebut maka kelompok dianggap
gagal melakukan tugasnya.
Hukuman atas pelanggaran tersebut dapat diberikan berupa
pengurangan nilai atau potongan waktu.
Variasi
Games dapat dimainkan di dalam maupun diluar ruangan.
4.
Toxic Waste
a. Permainan ini adalah permainan yang
populer, permainan untuk kelompok kecil dan selalu berhasil membangun inisiatif
kebersamaan, memberikan tantangan untuk teamwork selama 30-45 menit. Melatih
proses berpikir, berimajinasi, aksi, berfantasi, mengambil resiko, dan membuat
solusi yang menarik
b. Dapat dimainkan oleh reamja dan
orang dewasa
c. Tantangannya adalah memindahkan
toxic waste (limbah beracun) kedalam wadah penetralisir dengan peralatan minim
sambil menjaga jarak aman dalam batas waktu yang ditentukan
d. Tingkat kesulitan - sedang. Hindari untuk
memainkan permainan inidengan kelompok yang sedang menjalani tahap awal proses
group development. Paling baik dilakukan di akhir acara dan/atau ketika
kelompok sudah kompak dan dapat mengatasi masalah-masalah teamwork dasar.
e. Dapat dilakukan di dalam dan luar
ruangan; akan lebih dramatis dimainkan di luar ruangan karena kita dapat
menggunakan air sebagai pengganti bola, sebagai toxic waste.
5. One Minute Become Actor
a.
Mengambil gulungan kertas yang berisi nama
actor dan filmnya.
b.
Salah seorang peserta harus memperagakan
ciri khas actor tersebut dalam filmnya.
c.
Peserta yang memperagakan sebelumnya harus
memilih orang yang akan menjawab teka-teki tersebut.
d.
Peserta yang ditunjuk harus menebak dengan
benar, siapa actor yang dimaksud.
e.
Peserta yang memperagakan dilarang
menggunakan isyarat mulut maupun bersuara.
f.
Bagi kedua peserta jika belum menjawab
sampai batas waktu yang ditentukan harus bernyanyi.
6. Game Tebak Lagu Dan Sambung Lirik
a.
Panitia memutar musik
b.
Peserta menebak judul lagu tersebut, dan
pada bagian sambung lirik panitia akan menyanyikan potongan lagu, peserta harus
melanjutkannya.
c.
Game ini dilakukan bersama-sama
7. Sharing time
Sharing
time merupakan salah satu acara curhat atau saling jujur, saling bercerita,
saling berkeluh kesah, berbagi pengalaman dengan peserta lain, serta ada
bimbingan dengan dosen. Dalam acara ini bisa juga dimasukan game true or dare.
8. Wish time
Acara
ini merupakan acara dimana peserta diberi selembar kertas kecil untuk
menuliskan harapannya, dan harapan tersebut lalu dimasukkan ke dalam sebuah
botol atau kotak. Kotak tersebut akan menjadi bom waktu yang akan dibuka sesuai
dengan kesepakatan kelas.
9. Spider Webb Dan Kuis
Permainan
ini dilakukan peserta dengan cara memanjat jarring laba-laba seperti yang ada
di outbond pada umumnya. Namun yang membedakannya, ketika memanjat jarring
laba-laba peserta harus menjawab 3 pertanyaan dengan benar. Pertanyaan seputar
pengetahuan umum.
10. Jembatan Tali Dua Dan Long Memory Game
Permainan
ini juga yang biasa ada dioutbond, namun yang membedakan sebelum menyebrangi
jembatan tali dua ini, peserta dibisikan nama seorang tokoh, dan harus
mengingatnya, sehingga diujung lain peserta akan ditanya siapa tokoh yang
dibisikan sebelumnya.
11. Turun Tebing Dan Puzzle
Permainan
ini juga dilakukan seperti biasa dioutbond. Namun yang membedakan setelah
selesai turun tebing, peserta harus cepat menyelesaikan puzzle yang sudah
disediakan panitia.
12. Flying Fox Dan Cari Harta Karun
Flying
foxpun merupakan salah satu kegiatan outbond yang wajib dilakukan. Namun flying
fox kali ini berbeda, setiap peserta setelah melakukan flying fox harus cepat
menemukan sebuah card/amplop, dan memberikannya pada panitia, agar dapat
melanjutkan game selanjutnya.
13. Built a tower
Permainan
ini dilakukan perkelompok, dimana setiap kelompok harus menyusun balok atau
botol menjadi sebuah menara.
14. Balap kelereng
Permainan
ini merupakan permainan tradisional, para peserta harus membawa kelereng dengan
sendok sampai ke garis finish.
15. Carterpillar Race
a. Peserta kita minta untuk
membentuk formasi berbaris ke belakang dengan tangan dibahu, atau di pinggang
atau berpelukan.
b. Tugas mereka adalah berjalan dengan
teamnya dengan rute yg kita buatkan sebelumnya, bisa berupa lintasan dengan
tali atau tanda-tanda patokan.
c. Tiap team harus bergerak secepatnya ke
garis finish yg kita tentukan
d. Bagi Team yang barisannya rusak
harus mulai lagi dari garis start.
Target
Team yang menjadi pemenang adalah yang pertama sampai di
garis finish dengan utuh.
Larangan
Larangan utama yaitu
bahwa barisan tidak boleh putus.
Tidak boleh merusak formasi teamnya, misalnya tangan
terlepas, terjatuh atau tertinggal sebagian.
Variasi:
Lintasan
dapat dibuat lurus atau berkelok-kelok.
Pergerakan
bisa juga dibuat maju atau mundur,
Bisa juga formasi lainnya, tergantung kondisi lapangan dan
juga tingkat usia peserta
Sumber:
Heru.(2011). Jenis
permainan. Diakses dari http://heru-herusaputro.blogspot.co.id/2011/06/jenis-permainan-outbound.html
www.grafikacikole.com
0 komentar:
Posting Komentar