RSS

Contoh Rancangan Outbond


TWO DAYS OUTBOND WITH LOVE

A.      TUJUAN KEGIATAN     :    Melalui kegiatan outbond diharapakan setiap individu mampu merangkai kebahagian dengan cinta, memperat rasa silahturahim, memotivasi diri, mampu menjadi sosok yang memiliki sikap leadership yang tinggi dan peduli antar sesama.
B.       PESERTA                          :    
C.      WAKTU/TEMPAT           :    
D.      JADWAL KEGIATAN    :   
No
Waktu
Nama Kegiatan
Lokasi
Perlengkapan
Panitia/Fasilitator
1
06.00-10.00
Kumpul  dan Keberangkatan peserta outbond menuju terminal wisata grafika cikole.
Depan kampus, dan jalan sumedang-bandung
Bus, absensi, Toa.

2
10.00-11.00
Kedatangan peserta dan daftar ulang peserta, serta coffee break.

terminal wisata grafika cikole.
Toa, snack dan absensi.

3
11.00-11.30
Opening ceremony serah terima peserta perkenalan tim.
terminal wisata grafika cikole.
Naskah acara upacara, Toa.

4
11.30-12.00
Pembagian kelompok, pemilihan ketua kelompok, dan pembagian tenda.
terminal wisata grafika cikole.

.
5
12.00-13.00
Istirahat, shalat, dan makan.
terminal wisata grafika cikole. (tenda, masjid, kamar mandi, dan lapangan)
Makan siang, mushala, dan kamar mandi.

6
13.00-14.00
Ice breaking
Yel-yel kelompok.
Bernyanyi dan kosentrasi.
Mencari pasangan.
Tom and jerry game.
Hukuman bagi yang kalah dan reward bagi yang menang.
terminal wisata grafika cikole.
Lapangan luas, toa, hadiah dan hukuman.

7
14.00-16.00
Tracking hutan pinus. Menyusuri sungai, dan bermain game team building.
Pos 1: Log Line
Pos 2: Hulahoop
Pos 3: Folding Carpet
Pos 4 : Toxic Waste
terminal wisata grafika cikole.
Tali, toa, air, botol, plastic atau terpal, balok kayu.

8
16.00-18.00
Coffee break (snack), shalat, istirahat,menyiapkan makan malam dan api unggun.
terminal wisata grafika cikole.
Snack dan bahan makanan.

9
18.00-19.00
Shalat magrib, Persiapan api unggun, dan shalat isya.
terminal wisata grafika cikole.
Korek, bensin, dan kayu bakar.

10
19.00-22.00
acara hiburan dan api unggun.
-         Menyalakan api unggun.
-         Duduk melingkari api unggun.
-         Bermain game one minute become actor.
-         Bermain game tebak lagu dan sambung lirik.
-         Sharing time
-         Wish time.
-         Pentas seni (bernyanyi, dan menari bersama).
terminal wisata grafika cikole.
Api unggun, toa, gitar dan alat pensi yang mendukung, botol,

11
22.00-04.00
Istirahat (tidur)
terminal wisata grafika cikole.
Tenda, selimut dan kebutuhan tidur lainnya.

12
04.00-06.00
Bangun, shalat, mandi, dan siap-siap outbond hari kedua.
terminal wisata grafika cikole.
Segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan pribadi peserta.

13
06.00-07.00
Sarapan pagi.
terminal wisata grafika cikole
Makanan untuk sarapan.

14
07.00-08.00
Senam Olahraga pagi
terminal wisata grafika cikole
Speaker, peluit dan toa

15
08.00-11.00
Outbond hari kedua
-         Spider webb dan kuis
-         Jembatan tali dua dan long memory game.
-         Turun tebing dan puzzle.
-         Flying fox dan cari harta karun.
-         Built a tower
-         Balap kelereng
-         Carterpillar Race
-         Finish zone
terminal wisata grafika cikole.
Kelereng, safety set, outbond area,sendok, botol/balok,puzzle.

16
11.00-11.30
Coffee break
terminal wisata grafika cikole.
snack

17
11.30-12.00
Istirahat, shalat dan makan. Bersih-bersih persiapan pulang.
terminal wisata grafika cikole.
makanan

18
12.00-14.00
Penutupan
Refleksi Simulasi (Games) Komitmen tim Kesan & pesan Pengumuman The Best Team
terminal wisata grafika cikole.
Toa dan hadiah

19
14.00-18.00
Absen ulang, dan pulang.
terminal wisata grafika cikole.
Bus, toad an absen


















Lampiran
Peraturan permainan,
1.      Log line
a.       Pada awal permainan, kita minta seluruh anggota kelompok untuk naik ke atas balok dan mereka harus saling membantu agar tidak terjatuh dari balok atau pun menginjak tanah.
b.      Setelah semua naik di atas balok, kita mulai memberi instruksi dimana mereka harus berdiri berurutan sesuai instruksi yang kita minta. Misalkan saja, berdasarkan tanggal lahir.
c.       Para Peserta harus mengatur barisan di atas balok tanpa boleh turun ke tanah, dari angka yg paling kecil ke angka yg paling besar.
d.      Fasilitator menentukan mana yg menjadi bagian depan. Jika berhasil, lanjutkan dengan instruksi berikutnya, hingga 3 instruksi dapat mereka selesaikan dengan baik.
Larangan
Jika terjatuh pada salah satu tugas, maka dianggap gugur dan dilanjutkan dengan tugas kedua dan seterusnya.
Variasi
Bisa saja instruksinya urutan tinggi badan, nomor rumah dll.
2.      Hoolahoop
a.       Caranya hulahoop diletakkan di pundak salah satu anggota kelompok.
b.      Kemudian dengan didahului aba-aba, hulahoop tersebut harus berpindah dari satu anggota kelompok ke anggota yang lain sampai ke anggota keloompok yang terakhir.
c.       Anggota kelompok boleh menggerakkan seluruh badan untuk membuat hulaoop tersebut bergerak.
d.      Posisi peserta dapat dibuat melingkar atau berjajar atau berbaris ke belakang.
Larangan:
Webbing / hulahoop tidak  boleh dipegang atau digenggam oleh tangan anggota kelompok.
Variasi
Sebagai variasi, perpindahan hulahoop dapat dibuat satu arah atau bisa juga bolak-balik.
Jika menggunakan tali/webbing, dapat juga divariasikan dengan menggunakan 2 hulahoop yang harus berpindah berlawanan arah.
Untuk lebih meriah, permainan ini dapat dimainkan dalam format kompetisi dengan membentuk 2 atau 3 kelompok jika jumlah pesertanya mencukupi, dan mereka yang paling cepat yang menang.
3.      Folding Carpet
a.       Pertama, seluruh peserta diminta naik ke atas karpet.
b.      Setelah aba-aba dimulai mereka harus dapat membalik karpet tersebut.
c.       Kelompok harus bekerja sama dalam menemukan cara dan kemudian membalik karpet tersebut.
Target
Kelompok yang paling cepat membalik karpet dianggap sebagai pemenang.
Larangan dan Hukuman
Orang-orang yang berada di atas karpet tersebut tidak boleh turun ataupun menyentuh tanah.
Jika melakukan pelanggaran tersebut maka kelompok dianggap gagal melakukan tugasnya.
Hukuman atas pelanggaran tersebut dapat diberikan berupa pengurangan nilai atau potongan waktu.
Variasi
Games dapat dimainkan di dalam maupun diluar ruangan.
4.      Toxic Waste
a.       Permainan ini adalah permainan yang populer, permainan untuk kelompok kecil dan selalu berhasil membangun inisiatif kebersamaan, memberikan tantangan untuk teamwork selama 30-45 menit. Melatih proses berpikir, berimajinasi, aksi, berfantasi, mengambil resiko, dan membuat solusi yang menarik
b.      Dapat dimainkan oleh reamja dan orang dewasa
c.       Tantangannya adalah memindahkan toxic waste (limbah beracun) kedalam wadah penetralisir dengan peralatan minim sambil menjaga jarak aman dalam batas waktu yang ditentukan
d.      Tingkat kesulitan - sedang. Hindari untuk memainkan permainan inidengan kelompok yang sedang menjalani tahap awal proses group development. Paling baik dilakukan di akhir acara dan/atau ketika kelompok sudah kompak dan dapat mengatasi masalah-masalah teamwork dasar.
e.       Dapat dilakukan di dalam dan luar ruangan; akan lebih dramatis dimainkan di luar ruangan karena kita dapat menggunakan air sebagai pengganti bola, sebagai toxic waste.
5.      One Minute Become Actor
a.       Mengambil gulungan kertas yang berisi nama actor dan filmnya.
b.      Salah seorang peserta harus memperagakan ciri khas actor tersebut dalam filmnya.
c.       Peserta yang memperagakan sebelumnya harus memilih orang yang akan menjawab teka-teki tersebut.
d.      Peserta yang ditunjuk harus menebak dengan benar, siapa actor yang dimaksud.
e.       Peserta yang memperagakan dilarang menggunakan isyarat mulut maupun bersuara.
f.       Bagi kedua peserta jika belum menjawab sampai batas waktu yang ditentukan harus bernyanyi.
6.      Game Tebak Lagu Dan Sambung Lirik
a.       Panitia memutar musik
b.      Peserta menebak judul lagu tersebut, dan pada bagian sambung lirik panitia akan menyanyikan potongan lagu, peserta harus melanjutkannya.
c.       Game ini dilakukan bersama-sama
7.      Sharing time
Sharing time merupakan salah satu acara curhat atau saling jujur, saling bercerita, saling berkeluh kesah, berbagi pengalaman dengan peserta lain, serta ada bimbingan dengan dosen. Dalam acara ini bisa juga dimasukan game true or dare.
8.      Wish time
Acara ini merupakan acara dimana peserta diberi selembar kertas kecil untuk menuliskan harapannya, dan harapan tersebut lalu dimasukkan ke dalam sebuah botol atau kotak. Kotak tersebut akan menjadi bom waktu yang akan dibuka sesuai dengan kesepakatan kelas.
9.      Spider Webb Dan Kuis
Permainan ini dilakukan peserta dengan cara memanjat jarring laba-laba seperti yang ada di outbond pada umumnya. Namun yang membedakannya, ketika memanjat jarring laba-laba peserta harus menjawab 3 pertanyaan dengan benar. Pertanyaan seputar pengetahuan umum.
10.  Jembatan Tali Dua Dan Long Memory Game
Permainan ini juga yang biasa ada dioutbond, namun yang membedakan sebelum menyebrangi jembatan tali dua ini, peserta dibisikan nama seorang tokoh, dan harus mengingatnya, sehingga diujung lain peserta akan ditanya siapa tokoh yang dibisikan sebelumnya.
11.  Turun Tebing Dan Puzzle
Permainan ini juga dilakukan seperti biasa dioutbond. Namun yang membedakan setelah selesai turun tebing, peserta harus cepat menyelesaikan puzzle yang sudah disediakan panitia.
12.  Flying Fox Dan Cari Harta Karun
Flying foxpun merupakan salah satu kegiatan outbond yang wajib dilakukan. Namun flying fox kali ini berbeda, setiap peserta setelah melakukan flying fox harus cepat menemukan sebuah card/amplop, dan memberikannya pada panitia, agar dapat melanjutkan game selanjutnya.
13.  Built a tower
Permainan ini dilakukan perkelompok, dimana setiap kelompok harus menyusun balok atau botol menjadi sebuah menara.
14.  Balap kelereng
Permainan ini merupakan permainan tradisional, para peserta harus membawa kelereng dengan sendok sampai ke garis finish.
15.  Carterpillar Race
a.       Peserta  kita minta untuk membentuk formasi berbaris ke belakang dengan tangan dibahu, atau di pinggang atau berpelukan.
b.      Tugas mereka adalah berjalan dengan teamnya dengan rute yg kita buatkan sebelumnya, bisa berupa lintasan dengan tali atau tanda-tanda patokan.
c.       Tiap team harus bergerak secepatnya ke garis finish yg kita tentukan
d.      Bagi Team yang barisannya rusak harus mulai lagi dari garis start.
Target
Team yang menjadi pemenang adalah yang pertama sampai di garis finish dengan utuh.
Larangan
 Larangan utama yaitu bahwa barisan tidak boleh putus.
Tidak boleh merusak formasi teamnya, misalnya tangan terlepas, terjatuh atau tertinggal sebagian.
Variasi:
Lintasan dapat dibuat lurus atau berkelok-kelok.
Pergerakan bisa juga dibuat maju atau mundur,
Bisa juga formasi lainnya, tergantung kondisi lapangan dan juga tingkat usia peserta

Sumber:
www.grafikacikole.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar